Cara masak jengkol biar tidak bau,enak dan empuk
A​roma ​sedap ​jengkol selalu berhasil membuat perut lapar. Teksturnya yang empuk dengan racikan bumbu yang pas membuat sajian ini cocok disantap dengan nasi hangat.

Untuk menyantap jengkol, jangan khawatir bau. Pasalnya bubuk kopi dan mentimun dapat kurangi bau jengkol setelah dikonsumsi. Berikut ini beberapa resep olahan jengkol tidak bau, enak dan empuk yang bisa Anda buat di rumah dengan bumbu pilihan Nusantara.

Jengkol merupakan salah satu masakan Betawi yang sedap dan enak. Aromanya yang khas membuat banyak orang tergoda. Kuahnya berbumbu rendang dengan paduan rasa gurih. Rendang jengkol ini biasanya disajikan lengkap dengan nasi uduk atau nasi putih dan sambal. Hmm, mantap!!!
Bumbu rendang sangat terkenal dalam seni masakan minang, tidak hanya populer di Indonesia, tetapi sudah menyebar juga ke mancanegara.
menjelaskan penggunaan bumbu rendang yang kaya akan rempah ini, tentunya sudah biasa kita digunakan dalam bermacam-macam bahan masakan. Tidak hanya berbahan daging, tetapi juga jengkol, beserta tips agar jengkol tidak bau dan bertekstur empuk.Jengkol senantiasa dikonsumsi sebagai lalapan dan diolah menjadi berbagai hidangan enak nan lezat. Meskipun jengkol rasanya nikmat saat disantap, sayangnya ada sebagian orang justru menjauhi jengkol karena menyebabkan bau mulut serta aroma yang tajam dan menyengat di pembuangan akhir.
Mengkonsumsi mentimun sampai minum kopi pahit setelah makan jengkol merupakan beberapa cara yang biasa dilakukan sebagian orang supaya tetap bisa menikmati kelezatan jengkol.

Jengkol ditutupi cangkang yang keras dan kulit ari yang menempel, oleh karenanya sebelum diolah, jengkol direbus terlebih dahulu supaya mudah dikupas cangkang termasuk kulit arinya, dan jengkolnya juga menjadi lebih empuk.

Saat direbus juru masak juga bisa menambahkan aneka rempah untuk menghilangkan bau jengkol, ditambah dengan racikan bumbu yang juga kaya rempah saat dimasak, dengan harapan dapat meminimalisir aroma jengkol yang kurang sedap.
Jengkol yang dimasak bersama bumbu rendang yang pedas bisa menjadi sebuah masakan yang sangat enak dan spesial. Cara membuat rendang jengkol agar tidak bau terletak pada cara pengolahannya yang benar dan tepat, namun tidak mengurangi rasa khas dari jengkol itu sendiri.

Rendang jengkol pedas dengan racikan bumbu lekoh yang enak dan lezat ini akan sangat pas disajikan untuk menu makan bersama keluarga.


Bahan dan Bumbu Membuat Rendang Jengkol

- 1 kg jengkol
- 800 ml santan dari satu butir kelapa
- 2 lembar daun salam
- 1 batang serai diambil putihnya lalu digeprek
- 1 batang bawang daun diiiris kasar
- 1 buah tomat dipotong-potong
- 1 sendok makan - gula pasir
- 3 mata asam jawa dilarutkan dengan empat sendok makan air
- 6 sendok makan kecap manis
- 1 sendok makan gula merah yang sudah disisir
- 1 sendok makan garam
- Minyak secukupnya untuk menumis

Bahan dan bumbu untuk merebus jengkol :

- 1500 ml air
- 5 lembar daun salam
- 1 batang serai digeprek
- 1 sendok teh pala yang sudah diserut
- 1 sendok teh lada butir
- 2 cm lengkuas digeprek
- 2 cm jahe digeprek

Bumbu disangrai kemudian haluskan :

- 4 siung bawang putih
- 6 butir bawang merah
- 8 buah cabai rawit merah
- 6 buah cabai merah besar
- 3 cm kunyit
- 1/2 sendok teh pala yang sudah diserut
- 1 sendok teh lada butir
- 1/4 sendok teh jinten
- 3 biji kapulaga
- 1 sendok makan ketumbar

Tumis bumbu halus hingga matang, kemudian tambahkan serai, daun salam, daun jeruk, asam kandis dan daun kunyit. Masukkan santan dan jengkol yang sudah direbus sebelumnya. Tambahkan gula dan garam secukupnya. Masak hingga mendidih, setelah kuah menyusut, ​matikan api​.rendang jengkol siap di sajikan

Selamat mencoba di rumah, dan jangan lupa beri komentar di bawah ini..


By SKM setia karya mandiri

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara buat pindang tongkol bumbu pedas

Resep sederhana Pelas Palang Tuban